5 Kiper Timnas Belanda Diakui Dunia

Kiper Timnas Belanda

Dikenal sebagai salah satu negara pecinta sepak bola, Belanda memiliki begitu banyak pemain sepak bola yang berkancah di pentas Internasional. Negara yang menjadi langganan final Piala Dunia ini, memiliki tim nasional yang kualitasnya dapat diacungi jempol. Kiper Timnas Belanda pun sering diakui sebagai kiper terbaik.

Pemilihan seorang kiper di tim nasional Belanda bukanlah hal yang mudah. Mereka dipilih berdasarkan gerakannya yang cekatan saat di lapangan, ketangkasannya menangkap bola serta kemampuannya membaca tendangan lawan. Berikut adalah daftar nama-nama kiper terbaik yang pernah memperkuat tim nasional Belanda:

1. Jasper Cillessen

Jasper Cillessen lahir di kota Nijmegen pada 23 April 1989. Ia adalah kiper Timnas Belanda yang bermain untuk klub Ajax Amsterdam. Cillessen memulai karirnya sebagai kiper saat bergabung dalam klub junior, De Treffers dan juga N.E.C. Sedangkan karir seniornya dimulai pada tahun 2011, saat ia menandatangani kontrak bersama Ajax Amsterdam.

Penjaga gawang berpostur tubuh 188 cm ini, sekarang bermain untuk tim FC Barcelona sejak musim 2016. Kiper bertubuh jangkung ini memiliki nama lengkap yang cukup panjang yaitu Jacobus Antonius Peter Johannes Cillessen. Cillessen pun memiliki nomor punggung 13, yang katanya merupakan angka sial namun justru sebaliknya bagi penjaga gawang kebanggan Belanda ini.

2. Tim Krul

Bernama asli Timothy Michael Krul, ia dilahirkan di Belanda pada 3 April 1988. Di usianya yang masih belia, Tim Krul telah menunjukan potensinya yang besar dengan terpilih sebagai kiper Timnas Belanda U-15. Karena potensinya yang baik, Tim Krul pun selalu terpilih dalam seleksi Timnas Belanda setiap tahunnya.

Karir profesionalnya sebagai tim senior dimulai pada musim 2006-2007, saat Krul bergabung di klub Newcastle United. Sekarang, penjaga gawang berpostur 193 cm ini, sedang menjadi kiper utama untuk tim Norwich City.

3. Marco Bizot

Marco Bizot adalah kiper Timnas Belanda U-21 sejak tahun 2011. Ia dilahirkan di kota Hoorn, Belanda pada 10 Maret 1991. Pemain yang pernah menjaga gawang Ajax Amsterdam ini sekarang menjadi kiper untuk tim FC Groningen. Ia bergabung di klub itu sudah dari tahun 2012.

4. Kenneth Vermeer

Memiliki kewarganegaraan Belanda, Kenneth Vermeer telah membela Timnas Belanda sejak tahun 2006. Ia ditunjuk karena gerakannya yang tangkas dan juga akurat. Ia memiliki tinggi badan 182 cm dan dilahirkan di Amsterdam, pada 10 Januari 1986.

Karir juniornya dimulai pada tahun 1999, saat ia bergabung dalam klub Neerlandia dan juga Ajax Amsterdam. Melihat potensi yang ada dalam dirinya, Vermeer pun akhirnya dikontrak untuk tim senior Ajax Amsterdam pada 2005. Vermeer juga pernah dipinjamkan ke klub Willem II pada tahun 2006.

5. Jeroen Zoet

Jeroen Zoet berasal dari sebuah kota kecil bernama Veenam yang ada di Belanda. Ia terpilih sebagai kiper untuk tim nasional Belanda U-21. Di tim tersebut, Jeroen Zoet tampil sebanyak 15 kali. Jeroen adalah salah satu kiper terjangkung dengan tinggi badan 191 cm atau setara dengan 6 kaki 3 inci.

Saat ini Jeroen Zoet tengah menjadi pemain pinjaman di klub RKC Waalwijk. Ia dipinjamkan ke grup tersebut dari klub asalnya PSV Eindhoven. Bersama dengan RKC Waalwijk, Jeroen telah tampil sebanyak 42 kali.

6. Justin Bijlow

Memiliki usia yang masih belia, Justin Bijlow telah mampu menorehkan berbagai prestasi saat menjadi penjaga gawang Timnas Belanda U-21. Ia dilahirkan di kota Rotterdam, Belanda pada 22 Januari 1998. Dari tahun 2004 sampai sekarang, Bijlow telah tampil sebanyak 91 kali bersama dengan Timnas Belanda.

Itulah beberapa nama kiper timnas Belanda yang prestasinya cukup membanggakan. Keenam penjaga gawang diatas, rata-rata memulai karirnya saat masih anak-anak. Sehingga jangan heran, jika gaya permainan mereka tampak begitu matang dan profesional.

 

READ  Ini 5 Kiper yang Mencetak Gol Saat Bertanding, Hebat Bukan Main!

About the author: Admin

Related Posts