5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Mantap Betul!

Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Di dunia sepak bola, mencetak gol terbanyak adalah target setiap penyerang maupun gelandang. Selain demi memenangkan tim, tak sedikit pemain yang menjadikan hal itu sebagai pencapaian di dalam karier. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa juga akan selalu dikenang seluruh penggemar sepak bola. Maka tak heran gelar ini diincar banyak pemain. 

Selain itu, pemain dengan gol terbanyak atau biasa disebut top scorer juga memperoleh berbagai bentuk penghargaan tergantung turnamen yang diikuti. Sebagai contoh, top scorer Piala Dunia akan dihadiahi sepatu emas. Sementara top scorer pada Piala Presiden Indonesia akan mendapatkan sejumlah uang tunai. Inilah 5 pemain dengan gol terbanyak sepanjang masa. 

1. Ferenc Puskas (aktif 1943-1966)

Menduduki posisi kelima, pemain kidal ini membuktikan diri bahwa yang berbeda itu bisa saja jauh lebih berprestasi daripada yang lainnya. Pemain berkebangsaan Hungaria ini berhasil mencetak 746 gol dari 754 laga bersama beberapa klub dan Tim Nasional Hungaria. 

Puskas berkontribusi besar di dalam kemenangan Tim Nasional Hungaria yang berhasil menyabet medali emas di Olimpiade tahun 1952. Ferenc Puskas juga telah membawa Budapest Honved menyabet juara Liga Hungaria hingga 5 kali. 

Prestasinya pun tetap dikenang Real Madrid C.F., hingga namanya masuk ke dalam kolom prestasi di website klub ternama itu. Disebutkan Puskas merupakan pemain kidal terbaik Real Madrid C.F. Puskas yang berhasil membawa klub itu menjuarai 5 La Liga. 

2. Cristiano Ronaldo (aktif 2001-sekarang)

Penyerang kebanggaan Tim Nasional Portugal ini menempati posisi keempat dengan perolehan 750 gol yang berasal dari 1.029 pertandingan. Pemain dengan julukan CR7 ini telah menoreh berbagai prestasi bersama klub-klub yang pernah dibelanya. 

Bersama Manchester United, CR7 berhasil menjuarai Liga Inggris 3 kali berturut-turut dari tahun 2007 sampai tahun 2009. Tak hanya itu, CR7 dan Manchester United pun berhasil menjuarai Champions League 2008. Prestasi ini tak akan terlupakan oleh penggemar Manchester United yang terakhir kali menjuarai Champions  League pada tahun 1999.   

Di kancah Spanyol, CR7 bersama Real Madrid menjuarai 2 La Liga, 2 Copa del Rey, dan 2 Supercopa de España. Di kancah internasional, berhasil menjuarai 4 Champions League, 3 UEFA Super Cup, dan 3 FIFA Club World Cup.  

Sebagai kapten Tim Nasional Portugal, Ronaldo berhasil memimpin tim itu hingga menjuarai Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2018. Kini, pemain yang dijuluki The Rocket ini telah memperkuat Juventus F.C. dan sangat mungkin baginya menambah jumlah gol yang telah diraih. 

3. Pele (aktif 1957-1977) 

Sang legenda Brasil dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini berjaya di tahun 1960-an. Selama 20 tahun bermain, Pele berhasil mencetak 767 gol yang berasal dari 832 laga. Pemain yang pernah mencetak hattrick sebanyak 92 kali ini telah 3 kali membawa Tim Nasional Brasil menjuarai Piala Dunia. 

Di klub terlamanya, Santos F.C., Pele mencetak 504 gol dari 496 pertandingan. Sementara menjelang masa pensiunnya, di New York Cosmos, Pele masih tampil prima dan mencetak 37 gol. 

4. Romario (aktif 1985-2007)

Sepanjang kariernya Romario de Souza telah berhasil mencetak 772 gol dari total 994 laga. Ketika membela PSV Eindhoven, Romario berhasil mencetak 125 gol dan mempersembahkan trofi Liga Eropa (sekarang Champions League) bagi PSV.

Kompak dengan Bebeto, penyerang lain yang sama mematikannya, Romario sukses membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1994. Romario juga mendapatkan Golden Ball sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 1994. Romario juga sukses menjadi top scorer liga di berbagai negara sebanyak 10 kali dan meraih penghargaan FIFA Men’s Player of the Year.     

5. Josef Bican (aktif 1931-1956)

Sampai saat ini, gelar pencetak gol terbanyak sepanjang masa masih dipegang oleh legenda Austria, yaitu Josef Bican. Selama kariernya, Bican berhasil mencetak 805 gol dari 530 pertandingan, berarti sekitar 1,52 gol di setiap pertandingan. Bersama Tim Nasional Austria, Bican telah mencetak 14 gol dari 19 laga pada Piala Dunia. 

Nah, itulah kelima pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang diingat hingga kini. Atas prestasi yang gilang gemilang, para pencetak gol itu akan terus dikenang sepanjang masa dan diceritakan dari generasi ke generasi. Semoga seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak gol-gol ciamik yang tercipta dari berbagai kompetisi sepak bola kelas dunia.

 

READ  Ini 5 Kiper yang Mencetak Gol Saat Bertanding, Hebat Bukan Main!

About the author: Admin

Related Posts